Sleight of Mouth (Bag.2)

A young businessman is standing at a podium and pointing. Horizontal shot. Isolated on white.

Artikel ini adalah lanjutan dari sebelumnya, jika belum membaca klik disini

Pola-pola Sleight of Mouth (SM)Pola-pola Sleight of Mouth (SM)
Ada 17 pola SM, dan kita akan membahasnya satu persatu. Saya menerangkan dulu pola beserta contohnya, lalu Anda ajukan sebuah keyakinan, dan dengan pola tersebut saya akan menggunakan SM-nya.

1. Menyerang Sumber Keyakinan (Attacking the Source)
Sesuai dengan namanya, pola ini menanyakan asal usul dari sebuah keyakinan. Beberapa  frasanya antara lain:
“Dari mana Anda dapatkan hal itu?”“Apa yang membuat Anda mengambil keputusan tersebut?”“Menurut siapa?”“Apakah Anda sudah memeriksa sumbernya?”“Bagaimana Anda sampai pada kesimpulan tersebut?”“Siapa yang menyuruh Anda berpikir seperti itu?”“Ehm, itu mungkin saja benar kalau dipandang dari sudut logika yang salah, kan?”
Di bawah ini ada beberapa contoh ‘keyakinan yang membelenggu’ (KYK=Keyakinan) berikut jawaban/tantangan yang saya berikan dengan menggunakan pola Sleight of Mouth  yang pertama atau SM 1 (RHW).
KEYAKINAN   (KYK)  :
“Joni adalah seorang bajingan.”
RHW  (RHW)              :
“Dari mana Anda dapatkan kesimpulan tersebut?
KYK  :
“Sulit buat saya untuk berbicara dengan seorang wanita.”
RHW :
“Apakah ada seseorang yang menyuruh Anda memiliki keyakinan seperti itu atau Anda sampai pada kesimpulan itu dari diri Anda sendiri?”
KYK  :
“Sangat sulit untuk menutup penjualan.”
RHW : “Menurut siapa?”KYK  : “Jangan bicara dengannya. Ia adalah seorang pecundang.”RHW : “Benarkah? Bagaimana Anda sampai pada kesimpulan ngawur itu?”
Nah, sekarang tugas Anda adalah melihat kembali daftar periksa keyakinan-keyakinan yang membelenggu atau tidak mendukung Anda, dan gunakan SM 1 ini untuk menghancurkan keyakinan-keyakinan negatif itu.
Kalau Anda yakin bahwa menjual lewat panggilan telpon (cold calling) itu sulit, tanyakan pada diri Anda: “Menurut siapa?” atau “Dari mana saya dapatkan keyakinan seperti ini?”, dst. Setiap saat Anda menantang (mempertanyakan kembali) sebuah keyakinan dengan menggunakan sebuah SM, Anda harus masuk kedalam diri Anda sendiri dan secara internal lakukan pengujian kembali hal itu, yang akan menjauhkan diri Anda dari keyakinan mula-mula.
Lakukanlah beberapa kali, boleh tiga atau empat kali, hal ini akan memberi Anda perspektif yang berbeda. Ini adalah hal yang akan Anda gunakan ketika Anda menggunakan SM pada orang lain.
Latihan: Tulislah sedikitnya lima contoh dari jenis SM 1 ini, lengkap dengan kalimat penghalusnya.
2. Bingkai Meta (Meta Frame)
Pola ini digunakan untuk menyerang keyakinan secara langsung.
Silakan ajukan keyakinan-keyakinan Anda yang membelenggu pada saya.
KYK   : “Joni adalah seorang bajingan.”RHW : “Bagaimana mungkin untuk meyakini bahwa Joni adalah seorang bajingan?”            “Bagaimana Anda bisa yakin bahwa Joni adalah seorang bajingan?”
KYK   : “Aku harus menunggu.”RHW : “Bagaimana mungkin masa depan akan lebih mudah dibandingkan dengan masa lalu? Karena sebagai orang yang tahu bahwa kesempatan bisa berlalu dengan sangat cepat, bukankah menunggu adalah hal yang justru ingin Anda hindari?”
KYK   : “Saya harus berbicara dengan bos saya lebih dulu.”RHW : “Apakah itu bisa diartikan bahwa Anda belum menyadari anugerah, betapa bos Anda telah membuang sedemikian banyak waktu untuk mengajari Anda mengambil keputusan?”
KYK   : “Menutup penjualan adalah hal yang sulit dilakukan.”RHW : “Bagaimana mungkin meyakini hal itu? Mari kita cermati. Bagaimana mungkin hal  itu Anda yakini?”
KYK   : “Sulit untuk bercakap-cakap dengan seorang wanita.”RHW : “Bagaimana mungkin Anda meyakini hal itu? Populasi wanita lebih dari setengah penduduk dunia.”
Latihan: Tulislah dua atau tiga contoh dari Bingkai Meta lagi. Yakinkan untuk menyertakan kalimat pelembutnya.

Bulan depan: Aplikasi ke Dirinya Sendiri

Mei  2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *