Baru Pemanasan

Saya baru saja menyelesaikan buku kedua dari trilogi MASTERING NLP yang totalnya berjumlah lebih dari 1200 halaman. Meski dibagi dalam tiga judul buku, tetap saja masing-masing buku jumlahnya lebih dari 400 halaman. Rasa jenuh, capai, dan kadang perasaan mentok mampir dalam proses penyelesaiannya.

Ketika saya kehabisan napas, frustrasi akibat tebalnya buku tersebut, saya ingat kisah yang saya lupa saya pernah baca di artikel mana:

Orang-orang Indian Tarahumara yang berdomisili di bagian barat daya Chihuahua adalah orang yang dapat berlari sejauh seratus mil – tekanan darah mereka tidak naik dan detak jantung mereka tidak berubah. Beberapa entrepreuner memilih mereka untuk diikutkan dalam Olimpiade di Amsterdam pada tahun 1928. Mereka samasekali tidak mendapatkan peringkat apa-apa. Karena, mereka pikir dua puluh lima mil cuma pemanasan! Mereka tidak diinformasikan bahwa jarak yang ditempuh memang hanya dua puluh lima mil.

Jadi, kalau Ada kehabisan napas saat lari pagi, kesulitan dalam merampungkan sebuah tugas rumah tangga atau pekerjaan lain yang cukup panjang, ingatlah frasa ini: “Saya baru melakukan pemanasan.” Dan Anda akan mendapatkan energi lebih setelah itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *