Masa Depan di Tangan Saya (Bag.1)

Kalau Anda bisa menjawab keempat pertanyaan di bawah ini, hampir pasti Anda akan sukses. Kenapa cuma hampir? Karena semuanya tergantung pada respon Anda, yakni:
TIDAK SUKSES, kalau Anda hanya membacanya dan kemudian menyimpulkan: sangat menarik, tapi lalu Anda memutuskan untuk melakukannya kapan-kapan atau membiarkannya begitu saja.
SUKSES, kalau Anda menjawab keempat pertanyaan berikut dan melakukan aksi/tindakan berdasarkan jawaban yang Anda peroleh.

Apa saja keempat pertanyaannya?

1. Apa persisnya yang Anda inginkan?

Lupakan tentang apa yang TIDAK Anda inginkan. Orang biasanya tahu persis apa yang tidak diinginkannya, namun tidak tahu apa sesungguhnya yang diinginkannya (atau kalau pun tahu, hanya sedikit sekali). Dalam NLP dikenal dua konsep motivasi yakni: menjauh dari (moving away from) dan mendekat ke (moving towards to). Agar termotivasi, seseorang harus berada dalam sebuah gerak (motion). Untuk berada dalam sebuah gerak, orang harus menyadari: bergerak ke arah “mendekat ke”’ atau “menjauh dari”. Kalau orang tersebut tidak menyadarinya, berarti tidak ada gerakan.

Misalkan, Anda mengatakan: Saya TIDAK ingin kegemukan. Anda sadar akan apa yang Anda TIDAK inginkan dan secara konstan bergerak menjauh darinya (kegemukan). Namun agar tetap bergerak, Anda harus memperhatikan hal-hal yang Anda coba jauhi ini (kegemukan). Semakin Anda perhatikan, semakin Anda bergerak menjauhi. Semakin Anda bergerak menjauhi, semakin Anda perhatikan. Jadi pertanyaannya adalah: Apa persisnya yang Anda inginkan?

2. Apa persisnya yang Anda harus lakukan/miliki?

Tahu apa persisnya yang Anda inginkan adalah sebuah awal yang baik. Namun ini hanya akan berada di benak dan tetap akan tinggal di situ selamanya kecuali jika Anda menjawab dua pertanyaan ini secara rinci:

Apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan apa yang saya inginkan?
Keterampilan atau pengetahuan apa yang harus saya miliki sebelum saya melakukan hal ini? Apakah saya perlu membaca buku-buku, mengikuti seminar-seminar, menonton DVD atau melakukan riset tertentu?
Tahu apa yang diinginkan dan juga tahu wahana untuk melakukannya akan menghemat waktu, energi dan uang Anda.

3. Siapa orang yang harus Anda kontak?

Kalau Anda hanya ingin mendapatkan semangkok bakso, Anda tidak usah terlalu memusingkan jawaban dari pertanyaan di atas. Namun seringkali Anda perlu menjawab pertanyaan ini. Kenapa begitu? Karena Anda adalah makhluk sosial dan bagian dari dunia di mana Anda tinggal dengan orang-orang lainnya di dalamnya. Tujuan Anda adalah memperoleh kontak dengan orang-orang yang akan membawa ke arah yang Anda inginkan. Pendek kata, Anda harus menyertakan orang-orang lain dalam rencana Anda. Persoalannya cuma: Anda bisa cepat mendapatkannya atau bertele-tele. Lakukan riset kecil: pergaulan sosial, seminar, pertemuan dan kegiatan-kegiatan seperti apa yang perlu Anda agendakan setiap harinya.

………Artkel ini bersambung di bulan April 2016

Sumber :
Buku # 2 dari 3 buku terbaru RH Wiwoho yang terangkum dalam
Trilogi Pemimpin, Wanita dan Terapis.

Trilogi # 1 berjudul : Ketika Maju Salah Mundur pun Salah,
Trilogi # 2 : Terapi-terapi Kilat, dan
Trilogi # 3 : Sahabatku Bernama Takut.
Tersedia di toko buku terdekat.

Maret 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *