Penyebab Bisnis Gagal (Bag.8)

Artikel ini adalah lanjutan dari sebelumnya, jika belum membaca klik disini

Sangat berbahaya kalau anda menggantungkan fondasi bisnis anda pada orang-orang anda, karena seorang entrepreuner seharusnya membangun bisnis berlandaskan sistem. Bagaimanapun juga, kualitas orang merupakan faktor yang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis yang baik.

Masalahnya, sulit melakukan rekrutmen. Meski lewat teknik wawancara dan model-model tes kepribadian secanggih apapun, anda tidak akan benar-benar tahu apa yang anda dapatkan. Anda baru akan tahu kalau anda mengambil keputusan dan membuktikan kualitas orang tersebut dalam lingkungan tempat kerja anda.

“Rekrut selambat mungkin dan pecat secepat mungkin”, itu kredo terbaik. Hal yang cukup mudah dan masuk akal, ketimbang “rekrut secepat mungkin dan pecat selambat mungkin” dimana anda akhirnya akan menjalankan bisnis dengan pekerja-pekerja yang tidak kooperatif, tidak punya komitmen dan juga tidak trampil.

Kalau anda mendapatkan diri anda melakukan kesalahan dengan merekrut karyawan yang tidak tepat, maka mengambil tindakan lebih cepat akan jauh lebih bijaksana daripada menyesalinya kemudian.

NLP tips: Gunakan Profiling ketika merekrut karyawan. Membuang waktu satu jam untuk memprofil calon karyawan akan menghemat waktu dan biaya anda dikemudian hari serta menjamin calon tersebut bakal memiliki kinerja maksimal di perusahaan anda.

 

Januari 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *