Sleight of Mouth (Bag.6)

Artikel ini adalah lanjutan dari sebelumnya, jika belum membaca klik disini

10. Realitas (Reality Strategy)10. Realitas (Reality Strategy)
Dengan SM ini, Anda pada dasarnya mengajukan pertanyaan pada seseorang bagaimana mereka tahu bahwa sebuah keyakinan itu benar.
KEYAKINAN  : “Saya tidak ingin pergi ke sebuah terapi.”RHW (SM 10): “Bagaimana Anda menentukan masalah mana yang hanya Anda sendiri yang mampu pecahkan dan yang mana yang Anda harus minta bantuan dari orang lain?”
KYK   : “Kesemua hal-hal ini terlalu banyak buat saya pelajari.”RHW : “Bagaimana Anda tahu hal itu?” Di usia Anda, Anda sudah belajar begitu banyak. Apakah Anda sedang mengatakan bahwa Anda akan berhenti belajar?”
KYK    :   “Tidak tepat untuk memberi uang pada pengemis.”RHW : “Bagaimana kita mengujinya secara nyata antara seorang pengemis dan seseorang yang meminta donasi untuk korban bencana alam?”
Latihan: Tulislah dua contoh dari SM 10 ini, dan sertakan pelembutnya.

11. Contoh Berlawanan (Counter Example)
Anda mengenalkan sebuah contoh yang berlawanan dengan keyakinan yang diutarakan seseorang.
KEYAKINAN    : “Saya benci pada jaket jelek ini.”RHW (SM 11): “Anda akan menyukainya ketika berada dalam suhu dibawah 30 celcius.”
Cara lain untuk menggunakan teknik ini adalah melakukan penjabaran ke bawah (chunk down). Apakah orang ini SELALU yakin sesuatu itu benar? Adakah waktu-waktu tertentu dimana A tidak sama dengan B?
Lalu beri sebuah contoh lawannya.
KYK    : “Pembunuhan adalah hal yang mutlak salah.”RHW : “Kalau Anda tahu bahwa membunuh orang yang tidak waras adalah satu-satunya cara untuk mencegah kematian dari sebuah anggota keluarga, apakah salah untuk membunuh orang tersebut?”
KYK : “Saya tidak dapat menyelesaikan tugas ini sesuai dengan waktu yang ditentukan.”RHW: “Kalau Anda tahu bahwa gaji Anda, uang cicilan rumah, dan kebahagiaan keluarga Anda kesemuanya tergantung pada pekerjaan yang waktunya sudah ditentukan itu, dapatkah Anda menyelesaikannya?”
KYK   : “Saya terlalu tua untuk mempelajari sesuatu yang baru.”RHW : “Anda belajar untuk menguangkan bayaran pensiun Anda,  kan?
Latihan: Tulislah dua atau tiga contoh SM ini lengkap dengan pelembutnya. Mulailah menerapkannya pada orang sekitar dan juga diri Anda.

12. Tujuan Lain (Another Outcome)
Jenis SM yang ini serupa dengan kecepatan tangan (sleight of hand), pada saat seorang pesulap mengganggu Anda dari sebuah gerakan diam-diam yang dibuatnya.
Pada saat Anda menggunakan teknik ini, Anda mengganggu seseorang dari tujuan awal ke tujuan lainnya.
Sebagai contoh, Anda bisa mengatakan: “Apakah X itu benar bukanlah isu yang sebenarnya, namun lebih pada……”
Atau “Bukannya X yang menjadi isu sesungguhnya, namun lebih pada…..”
KEYAKINAN    :  “Ini terlalu mahal.”RHW (SM 12) : “Apakah ini terlalu mahal atau tidak bukanlah isu yang sebenarnya, namun lebih pada apakah Anda puas di masa datang dengan pembelian produk ini.”
KYK  : “Adalah hal yang tidak mungkin saya akan mengunjungi kota ITU. Angka kriminalitasnya terlalu tinggi.”RHW : “Menurut pengamatan saya, bukannya angka kriminilitasnya yang tinggi, karena jutaan orang tinggal disitu tanpa masalah. Sesungguhnya itu semua dikarenakan kota tersebut sangatlah berbeda dengan apa yang sudah Anda pahami yang membuat takut.”
KYK  : (remaja) “Saya puny mobil sendiri. Mengapa tidak membiarkan saya mengendarainya? Ayah ibu mencoba mengendalikan saya.”RHW : (orang tua) “Ini sesungguhnya bukanlah tentang kendali; ini tentang keamanan. Ini semua tentang seberapa besar kami perduli dan seberapa besar kami mencintaimu.”
Latihan: Tuliskan tiga pola ini dengan menggunakan pelembutnya. Catatan: Agar bisa berhasil mengubah keyakinan dengan SM, Anda harus menggunakan beberapa diantaranya.
13. Ambang Batas (The Treshold)
Dengan pola ini Anda merentangkan keyakinan seseorang sampai pada puncak negatifnya atau kesimpulan yang menggelikan.
KEYAKINAN   : “Saya tidak berpikir saya bisa berhenti merokok.”RHW (SM 13) : “Apakah Anda ingin memegang teguh keyakinan tersebut sampai Anda mati?”
KYK  : “Adalah hal yang sangat sulit untuk menjual lewat telpon.”RHW: “Apakah Anda tahu bahwa keyakinan seperti itu mengakibatkan Anda mundur dan membuat Anda miskin seumur hidup Anda?
KYK : “Adalah hal sulit  berbicara dengan orang yang saya tidak kenal.”RHW: “Apakah Anda menyadari jika Anda tetap memegang keyakinan tersebut, Anda akan kesepian seumur hidup Anda?”
KYK  : “Saya perlu memikirkannya sekejap.”RHW: “Kalau saya beri Anda waktu setahun, dapatkah Anda membuat sebuah keputusan sepanjang waktu itu? Apa yang Anda pikir akan Anda putuskan sesudahnya?”
Latihan: Tulis dua contoh SM ini disertai kalimat pelembutnya.

Yang akan datang :  SM 14

September  2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *