Terapeutik Metafor

Ini adalah teknik menyembuhkan sakit kepala yang saya ‘temukan’ secara tidak sengaja, sebuah aplikasi sederhana dari teknik submodalitas. Coba dan rasakanlah manfaatnya.

Pertama, sisihkan waktu sebentar untuk bermain-main dengan sakit kepala Anda. Amati bagaimana persisnya rasanya.

Kedua, bayangkan Anda punya segenggam tanah liat (kalau Anda sulit membayangkan tanah liat, ganti dengan play-dooh atau malam, yakni sejenis lilin yang bisa dibentuk) berada ditangan Anda, dengan warna yang Anda sukai. Tanah liat atau play-dooh atau malam ini sebagai metafora atau representasi eksternal dari sakit kepala Anda.

Ketiga, bentuklah tanah liat ini dalam ukuran dan bentuk yang pas, termasuk gumpalan, gerigi, lubang, benjolan, lekukan dan seterusnya. Amati apakah bergetar/berdenyut, atau berubah bentuk dari waktu ke waktu. Apakah lokasinya juga bergeser, atau mungkin malah ukurannya berubah seiring dengan berjalannya waktu. Perhatikan, apakah itu terasa hangat atau dingin, lembab atau kering, kasar atau lembut.

Keempat, sekarang perhatikan apakah ada suara yang terdengar dari mana suara itu datang, nadanya seperti apa dan seberapa keras volumenya? Perhatikan juga apakah kekerasan atau intensitas suaranya berubah dari saat ke saat.

Kelima, perlahan-lahan buatlah warna dan terangnya menjadi berkurang, dan mulai ubah ujung-ujung tajamnya menjadi membulat, juga ketinggian gerigi dan benjolannya semakin berkurang. Lalu mulai perlambat gerakannya hingga menjadi diam ditempat, dan getarannya menjadi lebih lambat sampai bentuk maupun ukurannya tidak berubah lagi.

Keenam, ubahlah teksturnya menjadi semakin membuat diri tenang dan damai. Buatlah suaranya menjadi semakin lembut, diredam, kurang menusuk, dan tanah liat itu menjadi terpusat di tangan Anda.

Ketujuh, teruskan perkecil tanah liat itu sampai sedemikian kecilnya sehingga Anda bisa menjepitnya di antara jempol dan jari tengah Anda, dan kemudian sentil tanah liat itu menjauh, menuju ke udara bebas dan tidak pernah kembali lagi!

 

Catatan:
Submodalitas adalah kualitas dari sistem representasi atau modalitas (V,A,K,O,G) anda. Keterangan lebih jauh dapat dibaca di buku trilogi MASTERING NLP saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *