NLP Presuppositions (Bag.2)

Artikel ini adalah lanjutan dari sebelumnya, jika belum membaca klik disini

Landasan bagi NLP adalah seperangkat presuppositions (keyakinan) tentang diri sendiri dan dunia yang kita tinggali. Presuppositions ini juga berfungsi sebagai prinsip untuk memandu bagaimana kita menjalani hidup kita.

4. The system/person with the most flexibility of behavior will have the
most influence on the system
Orang/sistem dengan perilaku yang paling fleksibel akan punya pengaruh terbesar dalam sistem tersebut

Pernahkah Anda merasa mentok dalam kehidupan, melakukan hal yang sama berulang-ulang di mana setiap kali melakukannya berharap akan mendapatkan hasil yang berbeda? Inilah definisi sinting! Kalau Anda ingin hidup Anda berubah, melakukan hal yang sama – dengan lebih sering, lebih keras, lebih lantang – bukanlah caranya. Kalau Anda memasukkan anak kunci ke dalam pintu dan tidak berhasil membukanya, apakah Anda akan terus mencoba berkali-kali menggunakan anak kunci yang sama? Atau Anda cukup fleksibel dan mencoba anak kunci lainnya sampai Anda mendapatkan salah satunya yang pas?

Sama halnya dengan kehidupan Anda, bertindaklah dengan fleksibel/luwes dan gali perilaku/strategi yang berbeda untuk membuka apa yang benar-benar Anda inginkan dalam kehidupan atau kualitas hidup yang Anda impikan.

Di tempat kerja, ada dua jenis orang. Jenis pertama adalah orang yang sangat tidak luwes dan mencoba untuk mengendalikan segala sesuatunya. Mereka hidup dalam ilusi bahwa mereka punya wewenang. Nyatanya, anak buahnya selalu mencari-cari alasan untuk menghindarinya. Lalu, ada orang jenis kedua, di mana orang-orang senang berbicara dengannya dan suka rela membantunya, apapun yang ia butuhkan. Apa pasal? Karena ia fleksibel dalam perilakunya, ia mampu berkomunikasi dengan siapa saja dan orang menganggapnya sebagai rekan kerja yang menyenangkan.

Bila Anda adalah orang tua, pertimbangkan hal ini: Tidak ada yang namanya anak bengal atau sulit diatur, yang ada hanyalah orang tua yang kurang fleksibel/luwes dalam menghadapinya.
Februari 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *