Sleight of Mouth (Bag.5)

Artikel ini adalah lanjutan dari sebelumnya, jika belum membaca klik disini

7. Mendefinisikan Ulang (Redefine)7. Mendefinisikan Ulang (Redefine)
Ketika seseorang yakin bahwa A = B atau A menyebabkan B, katakan pada orang ini bahwa dalam realitas, A = C atau A menyebabkan C.
KEYAKINAN : “Mempelajari NLP menyebabkan Anda lebih perduli pada hasil ketimbang orangnya.” (A menyebabkan B)RHW (SM 7) : “Ini bukanlah NLP menyebabkan Anda kurang perduli pada orang. NLP membuat Anda cukup perduli untuk memberi orang alasan-alasan mengapa mereka ingin bahagia dengan keputusan-keputusan mereka.
KYK    : “Produk Anda terlalu mahal.” (A = B)RHW : “Bukannya produk ini yang mahal. Ini karena produk kami kualitasnya sangat berbeda.”
KYK   : “Anda bukan tipe saya.” (A = B)RHW : “Bukannya saya bukan tipe Anda. Ini artinya bahwa Anda ingin diperlakukan secara spesial… dengan sebuah cara yang Anda benar-benar inginkan…. dan Anda ingin tahu bahwa Anda bisa merasakannya …. bersama saya.”
Latihan: Tulis tiga atau empat contoh dari Mendefinisikan Ulang serta pelembutnya.

8. Metafora atau Analogi (Metaphor/Analogy)
Pada saat Anda menggunakan sebuah metafora, pada dasarnya ada sedang menciptakan sebuah kisah. Salah satu caranya adalah mirip dengan membuat penjabaran kesamping (chunking lateral). Anda bertanya pada diri sendiri: “Hal ini mirip seperti apa?” Namun dengan contoh-contoh yang sedikit berbeda.
Sebagai contoh, kalau seseorang bertanya akan seperti apa rasanya turun berat badan, metafora yang bagus barangkali: “Berjalan keatas bukit dengan ransel penuh dipunggung dan membuangi isinya sepanjang perjalanan.”
KEYAKINAN : “Saya pikir saya tidak mampu melakukannya.”RHW (SM 8): “Kitab Suci mengatakan bahwa kalau Anda yakin dengan sepotong biji kacang Anda dapat memindahkan gunung. Saya tanya Anda, apakah keyakinan Anda setidaknya sebesar sepotong biji kacang?”
Anda juga bisa menyitir atau mengutip seseorang yang dekat dengan Anda atau seseorang dari sebuah peradaban sejarah.
KYK  : “Saya tidak dapat membuang waktu yang saya alokasikan dengan kelompok Anda.”RHW : “Tahukah Anda, bahwa kakak saya punya keluarga dan pekerjaan penuh waktu, persis seperti Anda. Ketika saya mengatakan padanya kebutuhan sesungguhnya keberadaan kita untuk membantu disini, ia tahu bahwa ia harus membantu dan ia mengalokasikan waktu … menyediakan waktu…. Dan saya tahu betapa pentingnya waktu buatnya.” Perhatikan saran terselubung diatas.
Latihan: Pilihlah tiga tujuan dan tulis metaforanya untuk masing-masing.

9. Konsekuensi (Consequence)
SM jenis ini tergantung pada penekanan hasil akhir dari sebuah keyakinan.
Ketika seseorang mengatakan sebuah keyakinan pada Anda, pikirkan akibat-akibat buruknya dan kemudian komunikasikan padanya.
KEYAKINAN: “Saya terlalu tua untuk belajar bagaimana caranya terbang.”RHW (SM 9): “Apakah Anda menyadari bahwa dengan kata lain, Anda baru saja mengatakan indahnya melayang diudara, dengan mempelajari ketrampilan-ketrampilan baru dan mengalami langsung pengalaman berpetualang di udara.”
KYK     :   “Saya pikir saya tidak menarik.”RHW : “Apakah Anda menyadari bahwa sepanjang Anda tetap memegang keyakinan tersebut, Anda mengacuhkan perasaan-perasaan enak tentang diri Anda?
KYK : “Saya tidak mampu membelinya.”RHW: “Berhentilah sekejap dan benar-benar pikirkan diri Anda bagaimana keyakinan bahwa Anda tidak mampu membelinya akan berdampak sangat dalam di diri Anda. Apakah Anda menginginkan hal ini?”
Latihan: Tuliskan tiga Konsekuensi tentang keyakinan yang orang miliki. Yakinkan untuk melakukannya pada keyakinan Anda juga.

Bulan depan : SM 10

Agustus  2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *